Sabtu, 05 Mei 2012

Kenali Cuaca Dari Perilaku Hewan


Cuaca, mempengaruhi dalam hal aktifitas, aktifitas apa saja, bahkan tidur pun akan terganggu jika cuaca sedang tak ramah. Dalam dunia petualangan, cuaca adalah faktor alam yang layak diketahui, agar perjalanan lancar tanpa hambatan dari alam. Tak akan mungkin kita ber arung jeram dalam situasi banjir, atau mendaki tingginya gunung, jika hujan badai tengah menerpa bumi. Waspadai dan kenali cuaca dari lingkungan sekitar kita, dan sebagian hewan adalah mempunyai kemampuan prediksi yang baik.

KATAK
Amphibi dengan suara keras ini akan mengeluarkan suaranya yang parau dengan nada yang lebih panjang dan lebih nyaring dari biasanya ketika cuaca buruk membayang di cakrawala. Jadi, segera setelah kita mendengar peningkatan volume mereka, kita dapat mengasumsikan hujan dengan kapasitas angin yang kencang atau bahkan badai sedang terjadi.

BURUNG

Dengan mengamati pada seberapa tinggi mereka terbang, kita dapat mengukur seberapa buruk cuaca akan terjadi. Sudah dikatakan bahwa jika mereka terbang tinggi, cuaca akan cerah. Tetapi jika mereka terbang lebih dekat ke tanah, tekanan udara dari sistem badai yang akan ataupun sedang terjadi menyebabkan mereka memilih untuk terbang lebih rendah.

SAPI

Bahkan petani mengklaim hewan mereka dapat meramalkan cuaca. Menurut legenda, ketika sapi merasa cuaca akan menjadi buruk, sapi - sapi akan menunjukkan kegelisahannya, memukul lalat dengan ekor mereka dengan intensitas sangat sering, atau berbaring di padang rumput untuk menjadikan tanah lebih kering.

LEBAH DAN KUPU - KUPU

Ketika lebah dan kupu - kupu telah menghilang dari bunga, kita dapat memprediksikan cuaca buruk datang dengan cara kita, cerita rakyat berlanjut bahwa jika mereka tidak di tempat - tempat yang biasa mereka hinggapi, ada sesuatu yang akan terjadi dengan cuaca.

DOMBA

" Ketika domba berkumpul di suatu kerumunan, besok akan ada genangan air oleh hujan." Meskipun sajak ini lucu, bersamaan dengan datangnya cuaca. diyakini akan terjadi cuaca buruk seperti angin kencang bahkan badai jika hewan - hewan ini berdesakan bersama - sama dan saling menjadi perisai satu sama lain.

KEPIK
Salah satu serangga lucu disekitar kita juga dapat memberi kita petunjuk untuk memprediksikan cuaca: "Ketika kawanan kepik atau serangga terlihat, kita bisa berharap cuaca akan lebih hangat." Di sisi lain, jika kita melihat serangga hitam dan merah mencari tempat tinggal, cuaca dingin sedang dalam perjalanan.

SEMUT

Dalam persiapan untuk cuaca buruk, semut merah dan hitam telah dikenal untuk membangun gundukan mereka lebih tinggi dan kokoh untuk perlindungan ekstra dan bahkan untuk menutup lubang gundukan . Jadi jika kita melihat gundukan lebih tinggi di halaman kita dari biasanya, mungkin lebih baik untuk menutup jendela.

NYAMUK

Nyamuk apabila di pagi hari mengganggu atau menggigit kita, menandakan akan turun hujan. Sedangkan jika pada waktu matahari terbenam / Maghrib, nyamuk berterbangan kesana kemari dan secara berkelompok menandakan cuaca cerah / baik. Tetapi jika selalu berterbangan di tempat yang gelap / di dalam bayang - bayang, bertanda cuaca akan buruk / datang hujan.

CACING

Apabila cacing pada malam hari menimbulkan tanah berbutir - butir di kebun, berarti akan hujan. Tetapi bila cacing keluar dari liangnya menandakan hujan akan turun lama.

LINTAH
Untuk mengetahui suatu keadaan cuaca dengan menggunakan lintah, kita buat barometer dari seekor lintah yang diletakkan di dalam gelas berisi air. Jika lintah melekat pada gelas di atas permukaan air maka cuaca akan tetap baik, sedangkan bila lintah terus diam di dasar gelas menandakan cuaca akan buruk dalam waktu yang lama. Tapi jika lintah melekat erat - erat di gelas sedangkan ekornya digerak - gerakkan sekeras - kerasnya, maka akan datang badai topan.

SIPUT

Pada cuaca yang baik, siput akan merayap dengan tenang, sedangkan bila cuaca buruk siput akan merayap dengan cepat.

IKAN

Ikan akan melompat- lompat di atas permukaan air jika cuaca akan buruk / datang hujan.

AYAM

Ayam akan tetap berjalan - jalan dan membiarkan dirinya kehujanan menandakan hujan tidak akan berlangsung lama, sedangkan jika ayam berteduh hujan akan berlangsung lama. Jika ayam selalu mencakar - cakar tanah berarti hujan akan datang.

ANGSA

Angsa akan nampak tidak tenang dan selalu menggigit bulunya bila cuaca akan buruk.

KELELAWAR

Kelelawar akan terbang mulai senja hari bila cuaca akan baik pada malam hari, tetapi bila berdiam di dalam goa maka cuaca akan buruk.

BURUNG GAGAK

Jika hujan akan turun, burung gagak akan terbang berputar - putar di atas sarangnya.

LALAT

Apabila akan turun hujan, lalat akan tetap hinggap di tembok / dinding, sedangkan pada cuaca cerah lalat akan berterbangan kian kemari.

Tidak ada komentar: