Navigasi
Darat
1. Peta
adalah gambaran unsur – unsur alam dan atau buatan
manusia, yang berada di atas atau bawah permukaan bumi dan digambarkan pada
bidang datar dengan proyeksi tertentu dalam ukuran yang diperkecil yang
kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan secara visual maupun matematis.
* Jenis Peta berdasarkan penggunaan
1) Peta Dasar : Dibuat untuk membuat peta turunan, perencanaan maupun pengembangan
wilayah. Umumnya menggunakan peta topografi
2) Peta Tematik : Menyajikan isi dan untuk kepentingan tertentu dengan menggunakan peta
dasar untuk meletakan info tematiknya
* Jenis Peta Berdasarkan Isi, seperti :
1) Peta Topografi (Topographic Map), menampilkan Menampilkan sebagian unsur buatan manusia
dan unsur alam dengan proyeksi tertentu
2) Peta Hidrografi, menampilkan informasi kedalaman dan keadaan dasar laut
serta info lainnya untuk kepentingan pelayaran
3) Peta Geologi, menampilkan informasi keadaan geologis
4) Peta Geografi, Menampilkan informasi ikshtisar peta dengan skala kecil
dari 1 : 100.000
5) Peta Kadaster, menampilkan informasi kepemilikan tanah dan batas nya
6) Peta irigasi, menampilkan informasi jaringan irigasi
7) Peta Jalan, menampilkaninformasi jaringan jalan
8) Peta Kota, menampilkan informasi jaringan transportasi, drainase,
saran kota, dll
* Jenis Peta Berdasarkan Skala :
1) Peta Skala Besar, dengan skala lebih besar dari 1 : 10.000
2) Peta Skala Sedang, dengan skala kecil dari 1 : 10.000, besar dari 1 :
100.000
3) Peta Skala Kecil, dengan skala kecil dari 1 : 100.000
2. Kompas
Adalah alat penunjuk arah, yaitu arah
utara magnetis bumi yang disebabkan oleh sifat kemagnetisannya. Karena
sifatini, maka dalam penggunaannya jauhkan kompas dari pengaruh benda-benda
yang terbuat dari baja atau besi, karena akan menyebabkan penunjukkan yang
salah pada jarumnya.
3. Protactor
Busur derajat atau protaktor terdapat
beberapa bentuk derajat yang dapat kita gunakan yakni lingkaran setengah
lingkaran segi empat dari bujur sangkar, tetapi untuk kepraktisan dan
kelengkapannya, protaktor lebih menjanjikan, karena disamping pembagian arah
mata angin dalam derajat dan mil juga tersedia skala pengukuran panjang dan
tali pusat untuk memperpanjang pengikiran dan pempermudah perhitungan azimuth
dan back azimuth.
4. GPS Receiver
Adalah bagian dari sistem radio
navigasi berbasis satelit yang secara terus-menerus mentransmisikan informasi
dalam bentuk kode, sehingga memungkinkan kita untuk mengidentifikasikan lokasi
/ posisi, ketinggian, kecepatan dan waktu dengan mengukur jarak kita dengan
satelit.
5. Sistem Proyeksi peta
Adalah penggambaran sistematis garis – garis sebagian /
seluruh bola bumi di atas permukaan bidang datar dengan menggambarkan garis
paralel dari lintang dan garis meridian dari bujur.
6. Istilah Dasar
Peta Kompas
6.1. Sudut
Adalah besaran selisih derajat yang dibentuk oleh 2 buah
garis, dimana yung satu menuju ke utara magnetis dan yang lain menuju ke
sasaran.
1) Sudut Azimuth
Sudut mendatar yang besarnya dihitung sesuai dengan arah
jarum jam dari arah utara. Azimuth ditujukkan untuk menentukan arah di medan
atau di peta, melakukan pengecekkan arah perjalanan, karena garis yang
membentuk sudut kompas tsb adalah arah lintasan yang menghubungkan titik awal
dan akhir perjalanan kita.
2) Sudut Back Azimuth
Sudut arah dari suatu garis dilihat menurut arah
kebalikkan. Cara menghitung nya : Jika azimuth lebih dari 180º, maka back
azimuth sama dengan azimuth dikurangi 180º. Jika azimuth yang kita peroleh
kurang dari 180º, maka back azimuthnya sama dengan 180º ditambah azimuth.
6.2. Skala Peta, jarak antara titik di peta dengan jarak mendatar pada
medan sebenarnya.
1) Skala Numerik, dinyatakan dengan angka
Contoh : 1:50.000 berarti 1 cm = 50.000 cm atau 1 cm =
500 m atau 2 cm = 1 km
2) Skala
Grafis, dinyatakan dengan unit batang disertai nilai, berguna ketika terjadi
perubahan ukuran peta pada saat penggandaan /info skala numerik tidak tercantum
6.3. Sistem Koordinat
Adalah titik yang terbentuk berdasarkan sistem sumbu yaitu dari perpotongan
garis koordinat horizontal / absis dan vertikal / ordinat yang terdapat dipeta.
Koordinat peta berguna untuk menunjukan suatu posisi pada permukaan bumi di
peta. Pada penyebutan, garis mendatar diinformasikan terlebih dahulu lalu garis
tegak. Garis Koordinat ini membagi peta dalam kotak – kotak (karvak). Sistem
Koordinat yang lazim digunakan yaitu :
1) Geografi / gratikul (Geographical Coordinat)
Menyatakan posisi suatu titik dalam satuan derajat ,
menit , dan detik dari garis lintang (Utara dan Selatan) dan bujur (Barat dan
Timur)
2) Grid / UTM (Grid Coordinat)
Menyatakan posisi suatu titik dalam ukuran jarak (meter)
dari perpotongan antara sumbu absis (x) dengan ordinalt(y) pada koordinat grid
sebelah selatan ke utara dan barat ke timur dari titik acuan. Penyebutan dengan
koordinat grid dapat dilakukan dengan 4 Angka, 6 Angka, atau 8 Angka.
6.4. Arah Utara
* Utara Sebenarnya / Utara Geografi
(Truth North / Geographical North, US / TN) diberi simbol * , arah utara yang
ditunjukan garis bujur (meridian) dan menuju ke kutub utara bumi atau titik pertemuan
garis bujur bumi.
* Utara peta / Utara Grid (Grid North,
UP / GN) diberi simbol GN, arah utara yang ditunjukan garis koordinat tegak
peta ke arah atas
* Utara magnetik (Magnetic North, UM)
diberi simbol T (anak panah separuh) , arah utara yang ditunjukan jarum kompas
menuju kutub utara magnetik bumi
6.5. Iktilaf
* Iktilaf Peta / Konvergensi Meredian,
merupakan sudut yang dibentuk utara sebenarnya dengan utara peta
* Iktilaf Magnetik / Deklinasi,
merupakan sudut yang dibentuk utara sebenarnya dengan utara magnetik
* Iktilaf Utra Peta – Utara Magnetik /
Deviasi, merupakan sudut yang dibentuk utara peta dengan utara magnetis
Akan tetapi pada kegiatan praktis hal ini
tidak begitu berpengaruh
6.6. Variasi Magnetik,
yaitu perbedaan besarikhtilaf magnetik pada waktu yang berlainan. Jika
variasi magnetis ini bertambah maka disebuti Increase dan jika berkurang maka
disebut Decrease.
6.7. Kontur,
garis khayal diatas permukaan bumi yang menghubungkan titik- titik yang
tingginya sama sehingga dapat mengetahui bentuk medan yang sebenarnya
(menunjukan ketinggian, perbedaan ketinggian, kemiringan, proyeksi 3D).
Terdapat istilah penting :
contoh kontur :
6.8. Titik Ketinggian
* Tinggi Mutlak adalah tinggi yang
diukur dari pemukaan laut, merupakan standarisasi pengukuran. Tinggi mutlak
digunakan untuk menentukan tinggi sebenarnya dari permukaan laut.
* Tinggi Nisbi adalah tinggi yang
diukur dari tempat dimana bendaitu berada, biasanya diukur dari permukaan
tanah.
* Titik Triangulasi adalah titik atau
tanda yang merupakan pilar / tonggak yang menyatakan tinggi mut lak suatu
tempat dari permukaan laut . Titik ini digunakan oleh jawatan topografi untuk
menentukan tinggi suatu tempat atau letak suatu tempat dalam pengukuran secara
ilmu pasti pada waktu pembuatan peta.
7. Pengetahuan Peta
*Judul Peta, bagian yang menyatakan
identitas peta. Pada peta BAKOSURTANAL meliputi Judul Peta (biasanya merupakan
nama daerah adminsist ratif, tempat terkenal dll) , Skala, Nomor Lembar Peta,
Nama Lembar dan Edisi / terbitan. Sistem Penomoran Peta perlu diketahui untuk
membantu dalam mencari peta tertentu.
* Letak Peta dan Diagram Lokasi
Petunjuk Letak Peta, menunjukan nomor dan nama lembar peta terhadap peta
sekelilingnya. Biasanya dalam bentuk matrikini berukuran 3 x 3.
* Lokasi, menunjukan letak peta pada arah yang lebih luas
* Sistem Referensi, terdiri dari sistem
proyeksi, sistem grid, datum horizontal, datum vertikal, satuan tinggi dan
selang kontur
* Pembuat dan Penerbit Peta
* informasi Nama dan Nomor Lembar Peta
* Legenda, merupakan petunjuk tanda atau simbol
konvensional yang digunakan pada peta disertai warna dan deskribsi
* Keterangan
Riwayat Peta
* Petunjuk
Pembacaan Koordinat
· Pembagian Daerah Administrasi
* Skala
* Singkatan / Kesamaan Arti
* Utara Sebenarnya, Utara Grid, Utara Magnetik
8. Orientasi Peta
Adalah menyamakan kedudukan peta dengan medan sebenarnya atau menyamakan
utara peta dengan utara sebenarnya. Sebelum Memulai orientasi peta, usahakan
untuk mengenal dulu tanda- tanda medan sekitar yang menyolok dan posisinya di
peta dengan pencocokan bentuk sungai, desa dll. Jadi minimal diketahui secara
kasar posisi. Orientasi peta ini berfungsi untuk meyakinkan
perkiraan posisi anda adalah benar.
Langkah-langkah orientasi peta:
1) Usahakan untuk mencari tempat yang
berpemandangan terbuka agar dapat melihat tanda- tanda medan yang menyolok.
2) Siapkan kompas dan peta anda, letakkan pada bidang datar Utarakan peta,
dengan berpatokan pada kompas, sehingga arah peta sesuai dengan arah medan
sebenarnya
3) Cari tanda- tanda medan yang paling
menonjol disekitar anda, dan temukan tanda- tanda medan tersebut di peta.
4) Lakukan hal ini untuk beberapa tanda medan
5) Ingat tanda- tanda tersebut,
bentuknya dan tempatnya di medan yang sebenarnya. Ingat hal-hal khas dari tanda
medan.
9. Cross Bearing Technic :
a. Resection
Yaitu menentukan posisi dipeta dengan menggunakan dua
atau lebih tanda medan yang dikenali. Langkah-langkah melakukan resection:
1) Lakukan orientasi medan
2) Cari objek /
titik yang mudah dikenali pada medan sebenarnya dan pada peta, minimal 2 buah
3) Bidik tanda- tanda medan tersebut dari posisi saat ini
(azimuth)
4) Hitung hasil backazimuth, tarik garis lurus dari titik
acuan tersebut
5) Lakukan langkah 2 – 4 pada titik acuan lain
6) Perpotongan
garis yang ditarik dari back azimuth titik acuan tersebut adalah posisi kita
dipeta.
b. Intersection
Yaitu menentukan posisi suatu titik (benda) pada peta
dengan menggunakan 2 atau lebih tanda medan yang dikenali dilapangan dan
dipeta. Langkah- langkah melakukan intersection adalah:
1) Lakukan orientasi medan dan resection untuk memastikan
posisi kita di peta.
2) Bidik obyek yang kita amati
3) Pindahkan sudut yang didapat ke dalam peta
4) Bergerak ke posisi lain dan lakukan langkah 1-3
5) Perpotongan
garis perpanjangan dari dua sudut yang didapat adalah posisi obyek yang
dimaksud. Semakin banyak titik bidik untuk menarik garis perpotongan, semakin
akurat hasil yang didapatkan.
Dalam kondisi sebenarnya, sering kali teknik cross bearing tidak selalu
dapat dilakukan seperti karena faktor cuaca atau tidak terlihatnya titik
ekstrim yang dapat dijadikan acuan. Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam
kondisi seperti ini adalah dengan melakukan analisa dan interpretasi peta untuk
kemudian dapat dibandingkan hasilnya dengan medan sekitar, serta merunutnya
dari titik awal perjalanan.
Oleh karena itu, biasakan untuk mempelajari, menandai dan melakukan
sebanyak mungkin analisa medan selama perjalanan serta melakukan cross check
perkiraan awal tadi dengan fakta yang didapatkan dilapangan. Semakin banyak
kita mengetahui tanda – tanda medan yang dilalui, semakin memahami pula kita
tentang sifat dan tingkat kesulitan medan tersebut yang akan sangat berguna
selama melakukan perjalanan dan dalam situasi darurat.
10. Metode Pergerakan Sudut Kompas ( Passing Compass /
Man to Man)
Yaitu membuat lintasan berada pada satu garis lurus dengan cara membidikaan
kompas ke depan dan ke belakang pada jarak tertentu. Langkah-langkahnya adalah
sebagai berikut:
1) Tentukan titik awal dan titik akhir
perjalanan dan plot pada peta, tarik garis lurus dan hitung sudut yang menjadi
arah perjalanan / azimuth dan back azimuth nya.
2) Perhatikan tanda medan yang menyolok
pada titik awal perjalanan. Perhatikan tanda medan lain pada lintasan yang
dilalui.
3) Bidikkan kompas seusai dengan
azimuth, dan tentukan tanda medan lain di ujung lintasan / titik bidik sebagai
penunjuk.
4) Pergi ke tanda medan di tersebut,
dan bidik kembali ke titik awal tadi. Jika arah perjalanan benar maka sudut ini
akan sama dengan back azimuth.
5) Sering terjadi tidak ada benda /
tanda medan tertentu yang dapat dijadikan sebagai sasaran. Untuk itu dapat
dibantu oleh seorang rekan sebagai tanda (Man to Man) .
11. Interpretasi dan Analisa Peta Topografi
Sebelum melakukan perjalanan untuk memahami kondisi medan sebenarnya
berdasarkan informasi pada peta sehingga dapat digunakan sebagai asumsi awal
dalam penyusunan rencana perjalanan. Interpretasi dan analisa peta ini dapat
dilakukan dari :
a. Informasi dasar peta,
seperti judul peta, tahun peta itu dibuat, legenda peta,
lokasi daerah dan titik ekstrim seperti perkampungan (nama daerah, nama jalan,
nama sungai, nama gunung dan bentukan alam lain), perpotongan sungai, jalan,
ketinggian suatu titik, kerapatan kontur berdasarkan pemahaman tentang sifat
kontur yang dapat digunakan untuk memperkirakan jarak dan waktu tempuh,
karakter medan / kemiringan (terjal / landai), vegetasi, dll.
b. Tanda Medan
Melakukan analisa bentuk kontur yang tergambar pada peta
untuk mendapatkan gambaran medan sebenarnya. Mengenali tanda medan ini dapat
dilakukan berdasarkan sifat garis kontur yaitu :
1) Perbedaan tinggi antara 2 kontur
adalah setengah dari angka ribuan pada skala yang dinyatakan dalam satuan meter
(biasanya tertera pada setiap peta topografi)
2) kontur yang rendah selalu
mengelilingi kontur yang lebih tinggi, kecuali untuk kawah
3) antar kontur tidak akan saling
berpotongan, kecuali berhimpit pada lembah yang sangat curam dimana terdapat
air terjun
4) kontur yang bebentuk seperti huruf V
dari pusat kontur merupakan punggungan dan yang berbentuk seperti huruf V
terbalik dari pusat kontur adalah lembahan.
5) Kontur terputus-putus menyatakan
ketinggian setengah atau lebih dari perbedaan tinggi antara 2 buah kontur
berurut.
6) Makin rapat kontur, menunjukkan daerah yang makin
terjal/curam.
7) Saddle adalah daerah rendah dan sempit diantara dua
ketinggian
8) Pass adalah celah memanjang yang membelah suatu
ketinggian
9) Bentukan sungai dapat terlihat
dipeta sebagai garis yang memotong rangkaian tingkat kontur, biasanya terdapat
pada lembahan dan namanya tertera mengikuti alur sungai.
NAVIGASI SUNGAI
1.
Pengertian Navigasi Sungai
Navigasi sungai adalah teknik untuk
menentukan kedudukan secara tepat dalam perjalanan penyusuran sungai. Perbedaan
yang mendasar antara navigasi sungai dan navigasi darat terletak pada acuan
dasar untuk menentukan kedudukan. Pada navigasi darat, yang diambil sebagai
acuan dasar adalah bentuk permukaan fisik bumi yang digambarkan oleh garis
kontur, sedang pada navigasi sungai acuan dasarnya adalah bentuk dari tepi kiri
dan kanan sungai, yaitu belokan-belokan sungai yang tergambar di peta. ilmu
navigasi sungai telah lama dikenal oleh orang dayak di pedalaman kalimantan.
Sebab sungai merupakan satu-satunya sarana angkutan bagi mereka. Dan dalam
penentuan kedudukannya di sungai, mereka menggunakan tanda-tanda alam yang
berupa riam, belokan sungai, penyempitan/pelebaran sungai, muara dan lainnya.
2.
Perlengkapan Navigasi sungai
a.
Peta
Ada
dua macam peta yang digunakan yaitu:
1. Peta situasi sungai,
peta ini tidak mempunyai garis kontur, yang tergambar adalah sungai dan desa
yang ada di sepanjang daerah aliran sungai. Skala peta yang dipakai sebaiknya
1:50.000 atau 1:25.000, yang cukup jelas menggambarkan kondisi fisik sungai.
Peta ini umumnya dibuat oleh perorangan yang pernah tinggal atau melakukan
survey dan pemetaan disepanjang sungai tersebut.
2. Peta topografi,
mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan peta situasi karena dapat membantu
membaca kondisi alam di sekitar sungai seperti berupa rawa, tebing, bukit
maupun pegunungan.
b.
Kompas
Digunakan
untuk menentukan sudut belokan-belokan sungai, kompas bidik dan kompas
orienteering dengan keakuratan yang baik dapat digunakan untuk keperluan ini.
c.
Alat Tulis
Berupa
kertas tulis, busur derajat, penggaris dan alat tulis. Dipakai untuk menentukan
posisi, setelah terlebih dahulu membidik sudut kompas dari sungai dan melakukan
penaksiranjarak.
d. Altimeter
Altimeter
bukan merupakan peralatan yang paling utama untuk menentukan posisi, tetapi
lebih tepat untuk mengetahui gradien sungai, yaitu beda tinggi antara dua titik
di sungai dalam jarak 1 km (contoh gradien sungai 9 m/km, yaitu beda tinggi 9 m
antara dua titik yang berjarak 1 km). Karena perbedaan tinggi pada penurunan
sungai relatif kecil untuk tiap km panjang sungai, maka sebaiknya digunakan
altimeter yang cukup teliti, misalnya dengan kemampuan membaca perbedaan tinggi
sampai 10 meter (sebagai gambaran, untuk sungai yang berarus deras dan banyak
air terjunnya, perbedaan sungai rata-rata untuk tiap kilometer hanya sekitar 40
meter).
3.
Menentukan Kedudukan Pada Peta
Dilakukan dengan cara bergerak
menyusuri sungai sambil memperhatikan perubahan arah belokan sungai, dibantu
dengan tanda-tanda alam tertentu yang terdapat disepanjang sungai. Ada dua cara
yang dapat dipakai untuk menentukan kedudukan:
a. Dengan Bantuan Tanda-Tanda alam
Misalnya kita sedang melakukan
penyusuran sungai dari titik A ke titik B, kemudian pada suatu tempat dijumpai
sebuah muara anak sungai di sebelah kiri, untuk menentukan kedudukan pada saat
ini adalah: Lakukan orientasi peta, kemudian amati sekitar medan dengan teliti,
ukur sudut kompas (azimuth) dari lintasan sungai pada belokan di depan dan di
belakang dengan menggunakan kompas, ingat tanda alam sebelumnya yang terdapat
di belakang ( misalnya di belakang kita terdapat sebuah delta) dan lihat juga
tanda alam di depan (misalnya belokan sungai ke arah kiri), kemudian gambar
situasi sungai yang telah di dapat, kemudian cari padanannya pada peta (perlu
diketahui bahwa delta yang terdapat pada sungai adalah delta yang cukup besar,
tidak tertutup pada saat banjir, dan di tumbuhi pepohonan, jika tidak memenuhi
persyaratan tersebut tidak akan digambarkan pada peta.) apabila masih kurang
jelas, maka perlu dilakukan penyusuran sampai pada tanda alam berikutnya yang
dapat lebih memperjelas kedudukan kita.
b. Membuat Peta Sendiri
Teknik pelaksanaannya yaitu dengan
penaksiran jarak dan pengukuran sudut kompas (azimuth). Sebelum melakukan cara
ini, sebaiknya mata kita di latih dahulu untuk menaksir jarak, misalnya untuk
jarak 50 meter atau 100 meter. Cara termudah adalah dengan berlatih di jalan
raya dengan bantuan sepeda motor atau mobil yang penunjuk jaraknya masih
berlaku dengan baik, dapat juga dengan bantuan tiang listrik (setiap 50 meter),
patok kecil di sepanjang jalan raya (100 meter). Jika mata sudah terlatih,
dapat dipraktekkan pada jalan dalam kota yang banyak belokannya. Untuk sungai
di daerah hulu yang sempit dan banyak tikungannya, maka di pakai patokan jarak
setiap 50 meter dengan sisa ukuran terkecil adalah 10 meter. Sedangkan untuk
sungai di daerah tengah dan hilir yang relatifr lebih lebar dan lurus (kecuali
pada daerah meander), atau jari-jari belokan besar (sudut belokannya relatif
kecil untuk jarak 100 meter), maka dipakai patokan jarak setiap kelipatan 100
meter dengan sisa ukuran terkecil 25 meter.
Langkah-langkah yang harus
diperhatikan dalam pembuatan sungai adalah : sediakan peralatan yang
diperlukan, buat tabel pada kertas yang terdiri dari dua kolom, kolom pertama
untuk derajat (azimuth)dan kolom kedua untuk jarak (meter). Jika ingin lebih
teliti dapat ditambahkan dua kolom lagi, yaitu untuk lebar sungai dan
keterangan yang diperlukan (misalnya jika ada penyempitan, batu besar di tengah
sungai, tebing terjal di kiri dan kanan sungai dan lainnya), bidik kompas pada
awal pergerakan, dan taksir jaraknya dengan mata yang sudah terlatih, isikan
hasil bidikan pada kolom 1 dan 2, jika menggunakan perahu sebaiknya dilakukan
dari tengah sungai, hitung jaraknya sambil bergerak maju setiap 50 dan 100
meter. Setelah sampai pada batas yang telah ditentukan dari ruas sungai,
lakukan pembidikan dan taksirkan jaraknya kembali, ulangi sampai melampaui 3
belokan sungai, kemudian buat gambar sungai tersebut berdasarkan hasil catatan
yang ada pada tabel, skala dapat di misalkan 1 cm untuk 100 meter atau lebih
kecil lagi, kemudian cari padanan atau bentuk yang mirip dari gambar sungai
yang kita buat dengan peta sungai yang kita bawa, dengan demikian kedudukan
kita di peta dapat ditentukan yaitu pada titik terakhir yang kita buat, jika
belum di dapat juga ulangi sampai beberapa belokan lagi.
Navigasi Rawa (swamp navigation)
Navigasi rawa adalah teknik berjalan
dan menentukan posisi dengan tepat di medan rawa. Navigasi rawa merupakan
navigasi pada daerah dataran sehingga prinsipnya sama dengan navigasi gurun
pasir. Tidak ada tanda ekstrim (bukit atau lembah) yang dapat dijadikan
patokan. Jika pada rawa daerahnya datar dan kadang di penuhi aliran sungai yang
dapat berubah akibat banjir, maka pada gurun pasir pun daerahnya selalu
berubah-ubah akibat tiupan angin. Seperti pada navigasi darat (gunung hutan),
maka langkah pertama yang paling penting sebelum memulai perjalanan adalah
mengetahui letak titik pemberangkatan di peta. Tanda-tanda medan yang dapat
dijadikan sebagai patokan adalah sungai, lokasi desa terdekat, garis pantai
(jika dekat dengan pantai), jadi perlu diperhitungkan kecermatan orientasi
medan yang teliti.
Langkah-langkah yang harus dilakukan
dalam navigasi rawa adalah:
1) tentukan titik pemberangkatan
kita di peta;
2) bidik arah perjalanan yang
diambil, catat sudut kompasnya;
3) ukur dan catat jarak tempuh perjalanan dengan sudut
kompas tersebut, lakukan terus untuk setiap bagian perjalanan sampai menemukan
tanda yang dapat dijadikan patokan, misalnya sungai, jika belum dijumpai,
lakukan terus sambil mencari tempat beristirahat. Cara mengukur jarak:
a) Dengan penaksiran jarak (jika sudah mahir),
seperti navigasi man to man atau pemakaian back azimuth pada navigasi gunung
hutan, pemegang kompas berjalan di belakang dan rekan lainnya berjalan menurut
sudut kompas. Batas jarak pengukuran untuk satu segmen tergantung dari mata dan
telinga, artinya sampai batas pengelihatan jika medannya tertutp atau sampai
batas pendengaran jika medannya terbuka, jadi panjang suatu segmen relatif,
tergantung medan yang dihadapi;
b) Dengan menggunakan
pita ukur atau tali, caranya sama seperti di atas, tetapi didapat hasil yang
lebih teliti;
c) Dengan alat bantu ukur yang di pasang pada
pinggang pemegang kompas, yaitu pemegang kompas berjalan paling belakang, rekan
yang di depan membuka jalur sesuai arah sudut kompas, ikat ujung benang pada
titik awal pada saat membelok atau merubah arah, lihat angka yang tertera pada
alat pengukur tersebut. Putuskan benang dan ikat kembali ujung yang baru pada
titik belok;
d) Dengan alat pengukur langkah yang dipasang
pada pinggang bagian depan. Catat jumlah langkah untuk setiap arah sudut
kompas. Ambil patokan 10 langkah sama dengan beberapa meter, atau kelipatan
yang habis dibagi dengan 10;
4. Plot hasil pengukuran tersebut pada peta, pergunakan
skala peta yang sesuai dengan skala peta yang dimiliki, jika pengukuran jarak
dan sudut kompas teliti maka akan didapat hasil yang akurat.
5. Pemeriksaan posisi akhir dengan orientasi medan. Jika
tersesat, minimal kita mempunyai catatan perjalanan untuk kembali ke tempat
semula.
6. Jika sudut kompas dan jarak tempuh sudah ditentukan, maka
plot di peta arah lintasan kita. Lakukan perjalanan dengan sudut kompas
tersebut dan pergunakan cara melambung jika medannya tidak memungkinkan untuk
dilalui, dengan tidak melupakan poin 2 dan 3.
Catatan: cara berjalan di rawa
a. Bawa tongkat dan tali. Tongkat untuk mengukur kedalaman
lumpur rawa, dan tali untuk membantu menarik teman yang terbenam.
b. Berjalan secara beriringan. Usahakan bejalan berdekatan
dengan tanaman yang ada, injak bekas tumbuhan semak, rumput, atau akar tumbuhan
yang ada kaarena tanahnya relatif lebih keras.
c. Tebas ranting pohon, dan letakkan secara melintang pada
jalur yang akan diinjak, gunanya untuk menahan lajunya turunnya badan kita ke
dalam rawa, prinsipnya sama seperti orang berjalan di atas salju yang lunak
dengan menggunakan sepatu ski, semakin luas permukaan yang diinjak, maka
semakin ringan beban yang ditanggung oleh salju.
d. Waspadalah terhadap binatang yang banyak terdapat di
sekitar tanaman yang tumbuh di daerah rawa, umunya mereka berbisa.
Orientasi medan tanpa peta dan
kompas
Bila kita berada di alam bebas tanpa membawa peta dan kompas, kita dapat menggunakan tanda‑tanda alam untuk menunjukkan arah perjalanan kita, diantaranya adalah
a. Matahari, Hanya dapat digunakan pada siang hari, yaitu mengetahui arah barat dan timur,
b. Bintang ,Pada malam hari dapat menggunakan bintang untuk mengetahui arah perjalanan kita, antara lain
Bintang Pari menunjukkan arah selatan Bintang Orion menunjukkan arah timur dan barat c. Tanda‑tanda lain Tanda‑tanda lain yang dapat digunakan antara lain Kuburan orang Islam membujur kearah utara ‑ selatan Masjid menghadap kearah barat – timur
Materi
ini merupakan ilmu praktis, yang hanya dapat terasah jika
dipraktekkan langsung pada kondisi sebenarnya. Pemahaman mengenai teori dan
konsep hanyalah membantu untuk memahami, bukan menjamin kemampuan navigasi
seseorang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar